pt sai

Perbedaan Seragam PDL dan PDH

Jul 15, 2023

PT Selaras Akademi Indonesia - Dalam dunia kerja, seragam menjadi salah satu aspek penting untuk menciptakan kesan profesional dan identitas bagi para pekerja. Di Indonesia, terdapat dua jenis seragam yang sering digunakan, yaitu seragam PDL (Pakaian Dinas Lapangan) dan seragam PDH (Pakaian Dinas Harian). Meskipun serupa dalam beberapa hal, keduanya memiliki perbedaan signifikan dalam desain, fungsi, bahan, warna, serta penggunaan aksesori dan atribut. Artikel ini akan membahas perbedaan-perbedaan tersebut secara lebih rinci.


Pengertian PDL dan PDH

Seragam PDL adalah pakaian dinas yang umumnya dikenakan oleh personel Satpam, TNI atau aparat kepolisian ketika berada di lapangan atau dalam situasi tertentu. Seragam PDL dirancang dengan tujuan memberikan perlindungan dan kemudahan dalam beraktivitas di lapangan. Sementara itu, seragam PDH adalah pakaian dinas yang dikenakan oleh personel TNI atau aparat kepolisian saat menjalankan tugas sehari-hari di kantor atau area kerja yang tidak memerlukan seragam berat.

Perbedaan Desain Seragam

Desain seragam PDL umumnya lebih terfokus pada aspek kepraktisan dan ketahanan. Seragam PDL sering kali memiliki lengan yang dilengkapi dengan saku tambahan untuk menyimpan peralatan penting, serta fitur-fitur lain yang memudahkan aktivitas di lapangan, seperti kancing yang mudah dilepas. Di sisi lain, desain seragam PDH cenderung lebih formal dengan lengan yang biasanya memiliki tampilan yang lebih sederhana.

Fungsi dan Penggunaan Seragam PDH

Seragam PDH digunakan dalam situasi kerja sehari-hari yang tidak memerlukan perlindungan khusus atau aktivitas di lapangan. Seragam ini digunakan di kantor atau tempat kerja lainnya, di mana penampilan formal tetap diperlukan. Seragam PDH memberikan kesan profesional dan keseragaman antara para pekerja.

Perbedaan Bahan dan Warna Seragam

Seragam PDL umumnya terbuat dari bahan yang lebih tebal dan tahan lama, seperti kain ripstop atau kanvas, yang dapat melindungi personel dari cuaca ekstrem atau cedera ringan selama tugas. Warna seragam PDL sering kali lebih netral, seperti hijau atau cokelat, yang membantu personel menyatu dengan lingkungan di lapangan. Di sisi lain, seragam PDH biasanya terbuat dari bahan yang lebih ringan, seperti katun atau poliester, yang memberikan kenyamanan dalam aktivitas sehari-hari. Warna seragam PDH lebih bervariasi, tergantung pada kebijakan institusi atau perusahaan, dan dapat mencakup warna biru, hitam, atau abu-abu.

Perbedaan Aksesori dan Atribut Seragam

Seragam PDL sering kali dilengkapi dengan aksesori dan atribut yang berfungsi untuk membantu personel dalam menjalankan tugas mereka di lapangan. Beberapa aksesori yang umum digunakan adalah topi atau helm, gelang identifikasi, dan sepatu tahan air. Di sisi lain, seragam PDH biasanya memiliki aksesori yang lebih minimalis, seperti lencana identifikasi dan tanda pengenal.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, perbedaan antara seragam PDL dan PDH terletak pada desain, fungsi, bahan, warna, serta aksesori dan atribut yang digunakan. Seragam PDL lebih terfokus pada kepraktisan dan perlindungan di lapangan, sementara seragam PDH digunakan dalam situasi kerja sehari-hari di kantor atau tempat kerja lainnya. Memahami perbedaan-perbedaan ini penting untuk menghormati aturan dan norma yang berlaku dalam lingkungan kerja.


Pertanyaan Umum

  • Apa kegunaan seragam PDL? Seragam PDL digunakan untuk memberikan perlindungan dan kemudahan dalam beraktivitas di lapangan, serta membedakan personel TNI, aparat kepolisian atau Satpam dari masyarakat umum saat menjalankan tugas.
  • Apakah ada aturan khusus terkait penggunaan seragam PDL dan PDH? Setiap institusi atau perusahaan dapat memiliki aturan khusus terkait penggunaan seragam PDL dan PDH. Penting untuk mengikuti aturan yang berlaku dan memastikan seragam digunakan dengan sopan dan sesuai dengan tujuannya.
  • Apakah seragam PDL dan PDH wajib digunakan? Penggunaan seragam PDL dan PDH dapat berbeda-beda tergantung pada kebijakan institusi atau perusahaan. Namun, dalam beberapa kasus, penggunaannya dapat diatur sebagai keharusan.


Baca Juga : https://blog.selarasakademi.com/blog/read/tugas-pokok-satpam-pt-selaras-akademi-indonesia