pt sai

Perbedaan Gada Pratama dan Gada Madya

Jun 11, 2023

PT Selaras Akademi Indonesia ( SAI ) Gada pratama dan gada madya adalah dua tingkatan dalam hierarki satuan pengamanan yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban di berbagai instansi. Meskipun keduanya memiliki tanggung jawab serupa, ada perbedaan mendasar antara gada pratama dan gada madya. Artikel dari PT SAI ini akan menjelaskan perbedaan antara kedua tingkatan ini dan memberikan pemahaman yang lebih jelas tentang masing-masingnya.


Gada Pratama

Gada pratama merupakan tingkatan pertama dalam hierarki satuan pengamanan. Seseorang yang ingin menjadi gada pratama harus memenuhi beberapa kualifikasi, seperti memiliki kesehatan yang baik, tidak memiliki catatan kriminal, dan lulus uji seleksi yang ditentukan. Setelah memenuhi persyaratan tersebut, seseorang akan mengikuti pelatihan untuk mendapatkan sertifikasi sebagai gada pratama.

Tugas dan tanggung jawab seorang gada pratama meliputi patroli keamanan, pemantauan CCTV, pengendalian akses masuk, dan penanganan situasi darurat. Mereka juga bertanggung jawab untuk melaporkan kejadian yang mencurigakan atau insiden keamanan kepada atasan mereka. Gada pratama bekerja di bawah pengawasan gada madya dan gada utama.


Gada Madya

Gada madya merupakan tingkatan kedua dalam hierarki satuan pengamanan. Untuk menjadi gada madya, seseorang harus memiliki pengalaman kerja sebagai gada pratama selama periode tertentu dan memenuhi kualifikasi tambahan. Kualifikasi tambahan ini biasanya meliputi pelatihan lanjutan dan penilaian kinerja yang baik.

Tugas dan tanggung jawab seorang gada madya meliputi pengawasan dan koordinasi kegiatan pengamanan, pelaporan kejadian keamanan yang lebih kompleks, serta pelatihan dan pembinaan gada pratama. Mereka juga bertanggung jawab untuk menangani situasi yang lebih sulit dan melaporkannya kepada atasan mereka. Gada madya berada di bawah pengawasan gada utama.


Perbedaan Gada Pratama dan Gada Madya

Perbedaan gada pratama dan gada madya terletak pada kualifikasi, pelatihan, tugas, dan kedudukan dalam hierarki satuan pengamanan.

A. Perbedaan dalam kualifikasi dan pelatihan:

  • Gada pratama memerlukan kualifikasi dasar seperti kesehatan yang baik, tidak memiliki catatan kriminal, dan lulus uji seleksi, sedangkan gada madya memerlukan pengalaman kerja sebagai gada pratama dan pelatihan lanjutan.
  • Gada pratama mengikuti pelatihan dasar, sedangkan gada madya mengikuti pelatihan yang lebih mendalam dan kompleks.

B. Perbedaan dalam tugas dan tanggung jawab:

  • Tugas gada pratama lebih fokus pada patroli keamanan, pemantauan CCTV, dan penanganan situasi darurat, sedangkan gada madya lebih bertanggung jawab dalam pengawasan, koordinasi, pelaporan kejadian keamanan yang kompleks, dan pelatihan gada pratama.
  • Gada madya juga menangani situasi yang lebih sulit dan berperan sebagai penghubung antara gada pratama dan gada utama.

C. Perbedaan dalam hierarki dan kedudukan:

  • Gada pratama berada di tingkat terendah dalam hierarki satuan pengamanan, sedangkan gada madya berada di tingkat menengah.
  • Gada pratama bekerja di bawah pengawasan gada madya, sementara gada madya bekerja di bawah pengawasan gada utama.

Kesimpulan

Dalam hierarki satuan pengamanan, gada pratama dan gada madya memiliki perbedaan yang signifikan. Gada pratama adalah tingkatan pertama yang memenuhi kualifikasi dasar dan memiliki tanggung jawab operasional yang lebih terbatas. Sementara itu, gada madya adalah tingkatan kedua yang memerlukan pengalaman kerja dan pelatihan tambahan, dengan tanggung jawab yang lebih besar dalam pengawasan, koordinasi, dan pelaporan. Keduanya saling melengkapi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di berbagai instansi.